SOSIALISASI RAMA REPOSITORY DAN ANJANI 2019

14 Oct 2019 | 10:37:01 | Berita


  • Perpustakaan STMIK AKAKOM Yogyakarta

  • Pada hari Rabu –Kamis, tanggal 9-10 Oktober 2019 Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Sosialisasi RAMA Repository dan ANJANI Tahun 2019 di Hotel Harper Mangkubimi Yogyakarta. Pada acara ini, di ikuti sekitar 50 peserta dari 50 Perguruan tinggi di Indonesia termasuk 1 orang Pustakawan yaitu Titis Pratiwi yang dikirim untuk mewakili STMIK AKAKOM Yogyakarta.

    Materi yang dipaparkan pada kegiatan ini adalah Pengenalan RAMA Repository dan ANJANI, Kebijakan RAMA Repository, Mekanisme dan Pendaftaran RAMA Repository, Pengenalan (Menu, Fitur, dan Cara Penggunaan RAMA Repository), Praktek Standarisasi Repository, dan Pengenalan (Menu, Fitur, dan Cara Penggunaan ANJANI) materi tersebut disampaikan oleh tim pakar dari Ristekdikti.

    Sosialisasi ini memberikan penjelasan secara detail dan langsung dipraktekkan oleh tim pakar terkait dengan bagaimana cara pendaftaran Repositori Institusi ke RAMA Repository, standarisasi metadata repository secara nasional hingga pemanfaatan/penggunaan fitur yang ada di RAMA Repository dan ANJANI.

    Secara garis besar tim pakar menyampaikan bahwa RAMA Repository dan ANJANI dilahirkan sebagai upaya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah yang beretika dan berintegritas serta diharapkan kedepannya dapat mengurangi pelanggaran penulisan karya ilmiah yang ada di Indonesia. RAMA Repository kedepan juga diharapkan menjadi Repository Nasional yang menyimpan data-data tugas akhir di seluruh Indonesia. Data dari RAMA repository ini akan terhubung ke ANJANI sebagai alat pendeteksi plagiasi nasional yang terintegrasi pula dengan GARUDA dan SINTA.